Cara Membuat Kue Kering Lidah Kucing yang Renyah dan Mudah

cara bikin lidah kucing
Source homecare24.id

1. Siapkan Bahan-Bahan:
– 125 gram tepung terigu
– 75 gram mentega tawar, dingin dan potong-potong kecil
– 50 gram gula bubuk
– 1/2 sendok teh ekstrak vanila
– 1 butir telur besar, kocok lepas
– 1/4 sendok teh garam

2. Campurkan Bahan Kering:
– Dalam mangkuk pengaduk, campurkan tepung terigu, gula bubuk, dan garam. Aduk hingga tercampur rata.

3. Masukkan Mentega:
– Tambahkan mentega dingin ke dalam campuran tepung. Gunakan ujung jari Anda untuk mencampurkan mentega dengan tepung hingga membentuk butiran-butiran kecil.

4. Tambahkan Telur:
– Setelah mentega tercampur rata dengan tepung, tambahkan telur kocok sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan menyatu dan membentuk bola.

5. Bungkus dengan Plastik:
– Bungkus adonan dengan plastik wrap dan dinginkan dalam lemari es selama minimal 30 menit.

6. Panaskan Oven:
– Panaskan oven pada suhu 180 derajat Celsius.

7. Cetak Adonan:
– Setelah adonan dingin, keluarkan dari lemari es dan bagi menjadi beberapa bagian. Ambil satu bagian adonan dan giling hingga setebal kira-kira 2 mm.

8. Bentuk Adonan:
– Potong adonan menjadi bentuk lidah kucing menggunakan pisau atau pemotong kue. Pastikan untuk membuat potongan-potongan yang sama ukurannya agar matang merata.

9. Tata di Loyang:
– Tata potongan adonan lidah kucing di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti. Beri jarak antara potongan adonan agar tidak saling menempel saat dipanggang.

10. Panggang:
– Panggang adonan lidah kucing dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya selama 10-15 menit atau hingga kue mulai kecoklatan di bagian pinggirnya.

11. Angkat dan Dinginkan:
– Angkat loyang dari oven dan biarkan lidah kucing mendingin di atas loyang selama beberapa menit. Setelah dingin, pindahkan lidah kucing ke rak pendingin agar benar-benar dingin.

12. Sajikan:
– Kue kering lidah kucing siap disajikan. Anda dapat menikmatinya dengan secangkir teh atau kopi hangat. Selamat mencoba!
Halo Pawpi dan Meowmi, apa kabar hari ini?

Cara Bikin Lidah Kucing: Kue Kering Manis untuk Teman Ngeteh

Lidah kucing, kue kering manis berbentuk panjang yang renyah dari luar dan lembut dari dalam ini, akan memanjakan lidah dan membuatmu ketagihan. Rasanya yang manis dan gurihnya margarin yang terdapat pada kue kering lidah kucing ini, akan membuatmu betah berlama-lama menikmatinya saat bersantai dengan segelas teh hangat. Yuk, bikin lidah kucing sendiri di rumah dengan mengikuti resep berikut ini.

Bahan-bahan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

  • 250 gram tepung terigu protein sedang
  • 150 gram margarin, suhu ruang
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh ekstrak vanili

Selain itu, kamu juga perlu menyiapkan:

  • Loyang datar
  • Kertas roti
  • Spatula
  • Garpu

Langkah-langkah Pembuatan

Setelah semua bahan terkumpul, saatnya memulai proses pembuatan lidah kucing:

  1. Campur Tepung Terigu dan Margarin: Dalam mangkuk besar, campurkan tepung terigu dan margarin hingga rata menggunakan spatula. Pastikan tidak ada gumpalan margarin yang tersisa.
  2. Tambahkan Gula Halus: Masukkan gula halus ke dalam campuran tepung terigu dan margarin. Kemudian, aduk hingga gula halus tercampur merata.
  3. Kocok Telur: Di wadah terpisah, kocok telur hingga tercampur rata. Setelah itu, tambahkan ekstrak vanili dan aduk kembali hingga rata.
  4. Campurkan Telur ke dalam Adonan: Tuang campuran telur ke dalam adonan tepung terigu, margarin, dan gula halus. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
  5. Siapkan Loyang: Panaskan oven hingga mencapai suhu 160 derajat Celsius. Sementara itu, siapkan loyang datar yang sudah dialasi dengan kertas roti.
  6. Cetak Adonan: Ambil sedikit adonan lidah kucing dan bentuk memanjang menyerupai lidah kucing. Kemudian, letakkan adonan di atas loyang datar yang sudah disiapkan.
  7. Garpu Adonan: Gunakan garpu untuk membuat garis-garis pada permukaan adonan lidah kucing. Ini akan membantu kue kering mengembang saat dipanggang.
  8. Panggang Adonan: Panggang adonan lidah kucing dalam oven selama 10-15 menit hingga matang. Kue kering lidah kucing harus berwarna keemasan dan kering.
  9. Angkat Lidah Kucing: Setelah matang, angkat lidah kucing dari oven dan biarkan dingin sebentar.
  10. Simpan Lidah Kucing: Setelah dingin, simpan lidah kucing dalam wadah kedap udara agar tetap renyah dan tahan lama.

Itulah cara membuat lidah kucing sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Lidah Kucing di Rumah

Siapa sangka, untuk membuat cemilan enak seperti lidah kucing, meowmin hanya membutuhkan beberapa bahan sederhana. Yuk, intip resepnya di bawah ini!

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan untuk Resep Lidah Kucing

Pertama-tama, siapkan alat dan bahan yang akan meowmin gunakan untuk membuat lidah kucing. Pastikan semuanya tersedia sebelum memulai proses memasak, ya. Mari kita lihat apa saja yang dibutuhkan.

  • 125 gram mentega unsalted, di suhu ruang
  • 50 gram gula halus
  • 1 butir telur
  • 220 gram tepung terigu protein sedang
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh ekstrak vanili

Selain bahan-bahan di atas, meowmin juga membutuhkan beberapa alat untuk membuat lidah kucing. Berikut ini daftarnya:

  • Mangkuk besar
  • Sendok kayu atau spatula
  • Loyang datar
  • Kertas roti
  • Oven

Cara Membuat Lidah Kucing: Langkah demi Langkah

Setelah semua bahan dan alat siap, kita bisa mulai membuat lidah kucing. Ikuti langkah-langkah berikut ini dengan cermat untuk mendapatkan hasil terbaik.

  1. Siapkan oven. Sebelum memulai proses membuat adonan, panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.
  2. Kocok mentega dan gula halus. Dalam mangkuk besar, kocok mentega dan gula halus hingga lembut dan mengembang. Pastikan untuk mengocok hingga gula halus larut sempurna.
  3. Tambahkan telur. Setelah mentega dan gula halus tercampur rata, tambahkan telur dan kocok kembali hingga adonan tercampur rata.
  4. Tambahkan tepung terigu, baking powder, dan garam. Dalam mangkuk terpisah, ayak tepung terigu, baking powder, dan garam. Kemudian, tambahkan campuran tepung ke dalam mangkuk berisi adonan basah. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.
  5. Tambahkan ekstrak vanili. Terakhir, tambahkan ekstrak vanili ke dalam adonan dan aduk rata.
  6. Siapkan loyang. Lapisi loyang datar dengan kertas roti. Kemudian, ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Letakkan bulatan-bulatan adonan di atas loyang dengan jarak yang cukup.
  7. Panggang adonan. Panggang adonan lidah kucing dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya selama 10-15 menit, atau hingga bagian tepinya berwarna kecoklatan.
  8. Angkat dan dinginkan. Setelah matang, angkat lidah kucing dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit sebelum dipindahkan ke wadah tertutup.

Nah, lidah kucing siap untuk dinikmati! Kamu bisa menyajikannya dengan teh atau kopi sebagai teman bersantai.

Bagaimana Cara Membuat Lidah Kucing?

Lidah kucing adalah salah satu kue kering yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan gurih, dengan rasa manis yang pas. Lidah kucing biasanya dibuat dengan menggunakan tepung terigu, mentega, gula, dan telur. Namun, ada juga beberapa resep lidah kucing yang menambahkan bahan-bahan tambahan, seperti kacang-kacangan atau keju.

Membuat lidah kucing tidaklah sulit. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti beberapa langkah sederhana. Berikut ini adalah cara membuat lidah kucing yang mudah dan praktis:

Menyiapkan Bahan-Bahan

Sebelum memulai membuat lidah kucing, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 125 gram mentega
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 1 sendok teh bubuk vanili
  • 1/4 sendok teh garam

Membuat Adonan

Setelah semua bahan-bahan siap, saatnya kamu mulai membuat adonan lidah kucing. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat adonan lidah kucing:

  1. Kocok mentega hingga lembut dan berwarna terang.
  2. Tambahkan gula dan garam, lalu kocok kembali hingga gula larut.
  3. Masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok.
  4. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diayak. Aduk hingga rata.
  5. Tambahkan bubuk vanili, lalu aduk kembali hingga rata.

Membentuk Kue

Setelah adonan jadi, saatnya kamu membentuknya menjadi kue lidah kucing. Berikut ini adalah langkah-langkah membentuk kue lidah kucing:

  1. Siapkan loyang yang sudah diolesi mentega dan tepung terigu.
  2. Ambil sedikit adonan, lalu bentuk menjadi bentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 5 cm dan lebar sekitar 1 cm.
  3. Letakkan adonan di atas loyang, lalu tekan sedikit dengan garpu untuk membuat motif garis-garis.
  4. Ulangi langkah 3 hingga adonan habis.

Memanggang Kue

Setelah semua adonan terbentuk, saatnya kamu memanggangnya. Berikut ini adalah langkah-langkah memanggang kue lidah kucing:

  1. Panaskan oven hingga suhu 175 derajat Celcius.
  2. Masukkan loyang berisi adonan kue lidah kucing ke dalam oven.
  3. Panggang kue selama 15-20 menit atau hingga kue berwarna kuning kecoklatan.
  4. Keluarkan kue dari oven dan biarkan hingga dingin.

Lidah kucing siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman.

Membentuk adonan

Sekarang, setelah bahan-bahan kita tercampur dengan sempurna, tiba saatnya untuk membentuk adonan menjadi kue. Kita akan mulai dengan membuat bulatan-bulatan kecil dari adonan. Jangan khawatir, kita tidak perlu mengukurnya dengan tepat. Ambil saja sekitar satu sendok teh adonan dan gulung di antara kedua telapak tangan kita sampai kita mendapatkan bola kecil yang halus. Lanjutkan proses ini sampai kita menggunakan semua adonan.

Setelah kita memiliki semua bulatan kecil yang lucu, saatnya untuk memipihkannya. Kita dapat menggunakan garpu atau punggung pisau untuk tugas ini. Jika kita menggunakan garpu, cukup tekan garpu ke tengah bola adonan dan tarik ke bawah. Jika kita menggunakan punggung pisau, cukup letakkan bola adonan di atas permukaan yang datar dan tekan ke bawah dengan bagian belakang pisau sampai kita mendapatkan bentuk yang rata. Teruslah memipihkan adonan sampai kita memiliki cukup kue untuk mengisi loyang kita.

Letakkan kue-kue yang sudah dipipihkan di atas loyang yang sudah kita siapkan sebelumnya. Pastikan ada sedikit ruang di antara kue-kue tersebut agar kue tidak saling menempel saat dipanggang. Panggang kue dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya pada suhu 180 derajat Celsius selama sekitar 10-15 menit, atau sampai kue menjadi berwarna keemasan. Pastikan untuk mengawasi kue dengan ketat agar tidak gosong.

Setelah kue matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin di atas rak pendingin. Setelah kue benar-benar dingin, pindahkan ke wadah kedap udara untuk disimpan. Kue-kue ini dapat disimpan hingga beberapa hari di suhu ruang, atau beberapa minggu di lemari es.

Cara Bikin Lidah Kucing

Di antara sekian banyak kue kering yang ada, lidah kucing pasti termasuk dalam jajaran teratas favorit banyak orang. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis legit sangat cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi hangat. Ditambah lagi, cara bikin lidah kucing juga tidak terlalu sulit, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang baru mulai belajar membuat kue.

Sebelum mulai membuat lidah kucing, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Di antaranya tepung terigu, mentega, gula halus, telur, dan garam. Selain itu, kamu juga memerlukan beberapa peralatan dapur seperti oven, mixer, loyang, dan spuit. Setelah semua bahan dan peralatan siap, yuk ikuti langkah-langkah membuat lidah kucing berikut ini:

Membuat Adonan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat adonan. Pertama-tama, kocok mentega dan gula halus hingga mengembang dan berwarna pucat. Selanjutnya, masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok. Setelah itu, tambahkan tepung terigu dan garam sedikit demi sedikit sambil diayak. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan adonan kalis.

Membentuk Adonan

Setelah adonan kalis, saatnya kamu membentuknya menjadi lidah kucing. Ambil sedikit adonan dan bentuk memanjang menyerupai lidah kucing. Lakukan hal yang sama hingga semua adonan habis. Jika kamu kesulitan membentuk adonan dengan tangan, kamu bisa menggunakan spuit dengan cetakan lidah kucing. Sebelum memanggang, jangan lupa untuk menyiapkan loyang yang sudah diolesi sedikit mentega atau minyak goreng.

Memanggang Adonan

Setelah semua adonan terbentuk, kamu bisa mulai memanggangnya dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 170 derajat Celsius. Panggang selama kurang lebih 15-20 menit hingga kue lidah kucing matang. Ciri-ciri kue lidah kucing yang sudah matang adalah warnanya yang kuning keemasan dan teksturnya yang renyah. Jika sudah matang, angkat kue lidah kucing dari oven dan biarkan dingin beberapa saat sebelum disajikan.

Nah, lidah kucing siap untuk dinikmati! Kamu bisa menyajikannya bersama secangkir teh atau kopi hangat sebagai teman bersantai. Selamat mencoba!

Cara Bikin Lidah Kucing

Lidah kucing adalah kue kering yang populer di Indonesia. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis gurih. Lidah kucing biasanya dibuat dengan menggunakan tepung terigu, mentega, gula, dan telur. Ada banyak resep lidah kucing yang berbeda, tetapi resep dasar yang akan saya bagikan ini bisa menjadi titik awal bagi Meowmin untuk bereksperimen dengan rasa dan bahan yang berbeda.

Lidah kucing sendiri sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan di pasaran. Dalam sebagian besar pembuatan, waktu yang dibutuhkan tidak akan lebih dari 30 menit. Lidah kucing terkenal dengan bentuknya menyerupai lidah kucing, sehingga dipilihlah nama tersebut untuk dijual di pasaran.

Bahan-bahan

Berikut adalah bahan-bahan yang Meowmin perlukan untuk membuat lidah kucing:

  • 250 gram tepung terigu
  • 125 gram mentega, suhu ruang
  • 100 gram gula halus
  • 2 butir telur
  • ½ sendok teh garam
  • ½ sendok teh vanili bubuk

Peralatan

Selain bahan-bahan, Meowmin juga memerlukan beberapa peralatan berikut ini:

  • Mixer
  • Mangkuk
  • Loyang
  • Kertas roti
  • Spuit kue

Cara Membuat

Setelah menyiapkan bahan-bahan dan peralatan, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat lidah kucing:

  1. Kocok mentega dan gula halus hingga mengembang dan berwarna pucat.
  2. Masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok hingga tercampur rata.
  3. Masukkan tepung terigu, garam, dan vanili bubuk sambil diayak. Aduk hingga tercampur rata.
  4. Masukkan adonan ke dalam spuit kue yang telah diberi spuit bintang.
  5. Semprotkan adonan ke dalam loyang yang telah dialasi kertas roti.
  6. Panggang dalam oven yang telah dipanaskan sebelumnya dengan suhu 180 derajat Celsius selama 15-20 menit atau hingga matang.
  7. Angkat kue lidah kucing dari oven dan biarkan dingin.
  8. Sajikan kue lidah kucing dengan teh atau kopi hangat.

Tips

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat lidah kucing yang sempurna:

  • Gunakan mentega yang berkualitas baik agar lidah kucing memiliki rasa yang lebih gurih.
  • Kocok mentega dan gula halus hingga mengembang dan berwarna pucat agar lidah kucing memiliki tekstur yang renyah.
  • Masukkan telur satu per satu sambil terus dikocok agar lidah kucing memiliki tekstur yang lembut.
  • Jangan terlalu lama memanggang lidah kucing agar tidak menjadi kering.
  • Biarkan lidah kucing dingin sebelum disajikan agar lebih renyah.

Hai Pawpi dan Meowmi,

Terima kasih telah membaca artikel menarik kami. Kami sangat senang dapat berbagi informasi tentang kucing dengan Anda.

Untuk membantu kami menyebarkan kecintaan terhadap kucing kepada lebih banyak orang, kami sangat menghargai jika Anda dapat membagikan artikel ini di website Anda atau media sosial Anda. Semakin banyak orang yang membaca artikel ini, semakin banyak orang yang akan belajar tentang kucing dan semakin banyak orang yang akan jatuh cinta dengan makhluk-makhluk menggemaskan ini.

Selain artikel ini, kami juga memiliki banyak artikel menarik lainnya tentang kucing yang tersedia di website kami. Anda dapat menemukan artikel tentang berbagai macam topik, mulai dari perawatan kucing hingga sejarah kucing. Kami yakin Anda akan menemukan artikel yang menarik perhatian Anda dan membuat Anda ingin membaca lebih banyak.

Kami harap Anda terus mengunjungi website kami dan terus membaca artikel-artikel kami. Dengan dukungan Anda, kami dapat terus membuat konten yang menarik dan bermanfaat tentang kucing.

Terima kasih telah menjadi bagian dari komunitas pecinta kucing!

Hormat kami,

Tim Website

Tinggalkan komentar